Cara Buat Ramuan Herbal Untuk Atasi Alergi dari Prof. Hembing (2)



Alergi merupakan gangguan kepekaan atau reaksi yang berlebihan dari tubuh terhadap benda-benda tertentu (alergen). Alergi sering menyerang orang yang tubuhnya sensitif terhadap rangsangan-rangsangan dari luar ataupun dari dalam tubuh. Reaksi yang berlebihan tersebut terulang kembali jika tubuh kemasukan lagi benda asing (alergen) yang sama.

Penyebab

Alergen berupa bahan makanan tertentu, debu, serbuk sari bunga, bulu binatang, bantal kapuk, atau obat-obatan tertentu. Bahan alergen masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaan, saluran pernapasan, suntikan atau terpapar kulit. 

(Baca juga : Membuat Si Alergi Agar Bisa Bersahabat dengan Pancaroba Menurut Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD, KAI)

Gejala dan Tanda-tanda

  1. Gatal-gatal di kulit dengan bentol-bentol yang besar, kulit merah, panas pada mata, rangsangan pada tenggorakan, sesak napas atau asma;
  2. Alergi yang berat menimbulkan syok alergi sehingga penderita pingsan. 

Perawatan

  1. Hindari benda-benda yang dapat menyebabkan alergi. Jika disebabkan oleh makanan atau obat-obatan tertentu, hentikan pemakaiannya;
  2. Segera bawa ke rumah sakit jika terjadi alergi yang serius. 


Pengobatan Herbal

Resep 3

  • 100 cc cuka beras hitam (rice vinegar);
  • 30 gram jahe, tumbuk;
  • Gula merah secukupnya.

Caranya

  1. Rebus semua bahan dengan 300 cc air hingga mendidih;
  2. Minum hangat-hangat.

Resep 4 (Pemakaian Luar)

  • 25 gram empu kunyit yang tua, kupas;
  • 30 gram sambiloto segar.

Caranya

  1. Cuci kunyit dan sambiloto hingga bersih, haluskan;
  2. Oleskan pada bagian kulit yang gatal karena alergi.

(Baca juga : Obat Krim Gatal Kulit Menurut dr. Yani Hartono, SPKK)

Catatan :

Lakukan secara teratur kedua resep ini (dalam dan luar). Untuk alergi yang serius, disarankan mendapatkan perawatan dokter.

(Dikutip dari buku 'Ramuan Lengkap Herbal Taklukan Penyakit' oleh Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma)

Semoga bermanfaat


Siapa Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma?

Prof. Hembing

Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma dikenal sebagai pakar pengobatan berbasis ramuan tradisional dan alami. Manfaat dan khasiat obat-obatan natural ramuan beliau telah mengantar penggunanya menuju kesembuhan. Beliau adalah profesor lulusan Chinese Medical Institute-Chinese Pharmacology and Acupuncture, Hongkong. Karirnya melejit ketika buku-buku kesehatan yang bertitelkan nama pria kelahiran Medan, 10 Maret 1940 ini banyak dijual di pasaran dan bahkan beliau memiliki acara sendiri yakni 'Hidup Sehat Cara Hembing', yang merupakan acara televisi yang sangat populer sejak tahun 1994 karena menjadi pelopor orang untuk hidup sehat dengan cara alami (herbal)

Saat itu, sesuai dengan jurusan kuliahnya, pria yang akrab disapa Hembing ini adalah pelopor pengobatan tradisional Cina dan herbal yang ada di Indonesia. Sebelum namanya populer di Indonesia, Hembing lebih dulu populer di negeri orang. Ia bahkan menjadi penasehat kesehatan di almamaternya dan The Journal of Tokyo Pain Control Institute Japan sejak tahun 1975 sebelum akhirnya ia turut terjun di bidang pendidikan dengan menjadi pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara Medan pada tahun 1976.

Selama hidupnya, ayah dari tiga anak ini dikenal sebagai pribadi yang rajin, serius, dan disiplin. Tak ayal berkat pribadi tersebut nyatanya mampu mengantarkan Hembing meraih berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional. Ketika ditanya mengenai alasan mengapa dirinya tertarik berkecimpung di dunia kesehatan tradisonal herbal Cina, Hembing mengaku bahwa bakatnya diturunkan oleh neneknya yang juga ahli kesehatan tradisional herbal Cina.

Tak hanya itu, semenjak kecil Hembing terkenal mahir mengobati orang sejak ia berumur lima belas tahun. Keseriusannya untuk mendalami dunia kesehatan ternyata mampu membawanya menjadi guru besar pengobatan tradisional Wongkwang University, Korea Selatan dalam usia yang relatif muda, dua puluh enam tahun.

Sebagai praktisi kesehatan yang juga menekuni bidang kemanusiaan, mengajar, dan menulis, Hembing telah menelurkan sekitar 70 buku semasa hidupnya. Pada 8 Agustus 2011, Hembing meninggal dalam usia 71 tahun. Beliau dimakamkan di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Buat Ramuan Herbal Untuk Atasi Alergi dari Prof. Hembing (2)"

Post a Comment