Yuk, Membuat Minuman Stamina di Musim Pancaroba ala dr. Zaidul Akbar

Musim Pancaroba adalah masa peralihan antara dua musim utama di daerah iklim muson, yaitu di antara musim kemarau dan musim penghujan. Perubahan cuaca pada musim pancaroba dapat berdampak pada perubahan pola patogen (pembawa) juga akan perubahan pola trasmisi (penyebaran). Contohnya pada musim hujan, timbul genangan air lalu bersarang nyamuk hingga berdampak adanya penyakit demam berdarah. Sedangkan saat musim panas disertai angin kencang, menyebarkan virus influenza di udara dan bakteri melalui hewan peliharaan.

Oleh karena itu, seiring dengan datangnya musim ini, kita seringkali dihadapi dengan potensi berbagai macam bencana alam dan penyakit yang siap menyerang kita seperti:

1.Flu

Udara dingin juga memicu perubahan pada sistem imun. Molekul yang berfungsi untuk mendeteksi virus di dalam sel dan memberi perintah pada sel untuk melawan virus menjadi kurang sensitif pada saat suhu dingin.

2.Sakit kepala

Saat musim pancaroba, turunnya tekanan udara, kenaikan tajam kelembapan udara, atau turunnya suhu udara yang tiba-tiba dapat memicu terjadinya sakit kepala terutama migrain.

3.Asma

Serangan asma terjadi karena saluran udara yang mengalami peradangan. Ketika suhu sekitar rendah, udara dingin yang masuk ke saluran udara juga menjadi lebih dingin

4.Nyeri sendi

penurunan tekanan udara dicrigai dapat menyebabkan nyeri sendi. Kita sering merasa linu saat cuaca dingin menyelimuti tubuh kita, pada saat itu juga sistem imun kita sedang drop.

Minuman Stamina ala dr. Zaidul Akbar

dr. Zaidul Akbar
Di saat musim pancaroba seperti sekarang ini, kita perlu meningkatkan kewaspadaan dengan cara meningkatkan stamina tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, dr. Zaidul Akbar, seorang pakar herbalis, telah menyarankan kita untuk selalu menjaga pola makan dan istirahat yang cukup serta membuat ramuan herbal untuk meningkatkan stamina tubuh seperti di bawah ini :

Bahan 

  • Kayu secang beberapa lembar;
  • Sereh 1 batang;
  • Jahe sejempol.

Caranya

  1. Seduh semua bahan dengan air panas (jika direbus, maka jangan sampai mendidih);
  2. Setelah hangat kasih madu dan minum selagi hangat.

Aturan Minum

  • 1-3 kali sehari jika kondisi sakit;
  • 1 kali sehari jika kondisi sehat.


Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk, Membuat Minuman Stamina di Musim Pancaroba ala dr. Zaidul Akbar"

Post a Comment