Ramuan Ampuh untuk Batuk Berdahak dari dr. Zaidul Akbar

Batuk adalah mekanisme refleks tubuh untuk mengeluarkan partikel asing yang terdapat pada saluran pernapasan. Batuk dapat disebut berdahak jika disertai dengan keluarnya lendir (dahak) dari tenggorokan. Batuk berdahak disebut juga batuk produktif.

Lendir atau dahak merupakan cairan berserat sebagai hasil sekresi akibat terjadinya inflamasi atau peradangan di saluran pernapasan. Peradangan tersebut biasanya disebabkan oleh infeksi kuman penyakit, seperti bakteri atau virus.

Dalam kondisi normal, saluran pernapasan sebetulnya memproduksi lendir sebanyak 100 mililiter per hari. Lendir ini berfungsi menjaga kelembapan dan mendukung kerja sistem pernapasan. Enzim antibodi yang dimilikinya berfungsi melindungi lapisan saluran organ dari zat-zat iritan, seperti debu, mikroorganisme, dan bakteri.

Baca juga : Membuat Resep Herbal Batuk atau Pilek untuk Bayi ala dr. Zaidul Akbar

Namun, infeksi menyebabkan timbulnya rangsangan terhadap membran mukosa (lendir) untuk memproduksi lendir secara berlebihan. Perisitiwa ini disebut juga dengan ekspektorasi. Lendir yang diproduksi secara berlebihan oleh saluran pernapasan dapat menggumpal menjadi lendir yang kental sehingga menyumbat saluran napas dan memicu terjadinya batuk.

Akibat dahak yang menumpuk di saluran napas, Anda juga dapat merasakan sesak di dada dan tenggorokan selama mengalami batuk berdahak.

Penyebab

Seperti yang telah dijelaskan di atas, batuk berdahak adalah batuk yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan dari adanya virus, bakteri, maupun jamur yang menyerang saluran pernapasan. Salah satu bakteri yang membuat kita mengalami batuk berdahak adalah bakteri yang sama saat kita mengalami pilek atau flu. Karena bakteri inilah sistem pernapasan menjadi penuh dengan lendir , terutama pada bagian tenggorokan.

Saat ada lendir yang memenuhi saluran pernapasan, tentu hal ini sangat mengganggu. Namun, ternyata cairan lendir atau yang biasa disebut mucus ini punya banyak fungsi. Misalnya menjaga saluran udara lembap dan melindungi paru-paru dari iritasi. Selain terjadi karena adanya virus, bakteri, atau jamur, batuk berdahak ternyata juga bisa dialami ketika seseorang sedang terkena beberapa penyakit tertentu. Flu bisa menjadi salah satu penyebabnya dengan gejala awal berupa batuk.

Baca juga : Benarkah Kecap dan Jeruk Nipis Meredakan Batuk? Menurut Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, M.Si, Apt

Biasanya, saat akan mengalami flu, seluruh tubuh akan terasa nyeri dan ditambah dengan sakit tenggorokan. Infeksi ini biasanya terjadi pada bulan-bulan terjadinya musim hujan. Selain flu, bronkitis juga bisa menjadi salah satu penyebab batuk berdahak. Bronkitis merupakan peradangan pada saluran yang membawa udara ke dalam paru-paru.

Peradangan atau infeksi tersebut bisa menyebabkan meningkatnya produksi lendir yang menyebabkan batuk berdahak. Penyebab dari batuk berdahak lainnya adalah paparan asap rokok. Asap rokok mengandung berbagai bahan yang berbahaya bagi tubuh dan bisa menyebabkan seseorang mengalami batuk berdahak meskipun saat itu tubuh sedang sehat.

Baca juga : Minuman Herbal ala dr. Zaidul Akbar untuk Penyakit TBC

Pengobatan dengan Membuat Minuman Herbal

dr. Zaidul Akbar
Pengobatan tidak hanya dapat dilakukan dengan minum obat batuk, namun juga dapat diterapkan di rumah untuk meringankan batuk tanpa khawatir akan efek samping obat-obatan kimia. Pengobatan batuk berdahak alami dianggap lebih aman dan efektif menyembuhkan. Oleh karena itu, dr. Zaidul Akbar menyarankan untuk melakukan langkah-langkah di bawah ini :

  1. Perbanyak istirahat dengan mengurangi aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari;
  2. Perbanyaklah minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama mengalami batuk berdahak;
  3. Minum madu yang telah dilarutkan dalam perasan lemon dan teh untuk menghilangkan lendir yang menggumpal di tenggorokan.
  4. Menghindari makanan yang dilarang saat batuk, seperti gorengan dan makanan cepat saji karena dapat memperparah terjadinya batuk.

Selain itu, Beliau juga menyarankan juga untuk membuat minuman herbal berikut ini : 

Bahan

  • 1 sdt cengkeh;
  • 3 bunga lawang;
  • 300 ml air panas.

Cara Membuat

  • Seduh semua bahan;
  • Diamkan ± 20 menit, setelah itu kasih madu secukupnya.

Semoga bermanfaat



Siapa dr. Zaidul Akbar?
Dr. Zaidul Akbar dikenal sebagai dokter yang banyak mengobati pasiennya dengan metode bekam dan metode lainnya sesuai syariat Islam. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang. Sebelum masuk ke ranah pengobatan Islam, Ia bekerja di beberapa rumah sakit umum daerah Balikpapan dan Jakarta.

Pada mulanya dr. Zaidul Akbar masuk dan mempelajari dunia pengobatan Islam adalah melalui sebuah lembaga training selama kurang lebih satu tahun. Setelah beberapa tahun bekerja di rumah sakit, dr. Zaidul Akbar secara ‘alami’ menemukan dunia pengobatan Islam. Beliau menyimpulkan dunia pengobatan ini lebih dinikmati dan menyenangkan, karena ternyata Tuhan telah memberikan kelengkapan yang sangat sempurna untuk kebutuhan manusia.

Sebelumnya, beliau tidak menggunakan sosial media dalam penyebaran metode pengobatan Islami karena belum mengenal platform semacam sepertiTwitter dan lainnya. Namun lama-kelamaan dr. Zaidul Akbar mulai menyebarkan dakwah pengobatan islami melalui berbagai via sosial media. 

Bersama dengan lembaga pendidikan Thibbun Nabawi Indonesia, beliau mengajak banyak ummat untuk hidup lebih baik dalam bidang kesehatan. dr. Zaidul Akbar mudah mempelajari ilmu kesehatan dalam islam dan pengobatan alami dengan berbekal ilmu kedokteran.

Sebagai bentuk penyebaran metodenya itu, dr. Zaidul Akbar selalu menawarkan pengobatan islam dan alami kepada para pasiennya, terkecuali dalam kondisi mendesak, maka beliau akan memberikan pengobatan dokter (medis) pada umumnya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ramuan Ampuh untuk Batuk Berdahak dari dr. Zaidul Akbar"

Post a Comment