Kumis Kucing yang Berkhasiat Atasi Asam Urat, Diabetes dan Hipertensi Menurut dr. Prapti Utami dan Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz.


Kumis kucing, tanaman yang memiliki mahkota bunga bertumpuk dengan benang sari yang panjang. Biasanya, benang sari kumis kucing berwarna putih bak kumis seekor kucing. Kumis kucing merupakan tanaman liar yang biasa tumbuh di sepanjang anak sungai atau selokan. Namun, tidak sedikit masyarakat yang sengaja menanam kumis kucing di halaman rumahnya. 

Selain sebagai tanaman hias, kumis kucing merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Menurut dr. Prapti Utami dari bukunya yang berjudul The Miracle of Herb, kumis kucing juga mengandung flavonoid yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan tersebutlah yang membuat kumis kucing jadi obat herbal yang mampu menumpas sejumlah penyakit. 

Kumis Kucing Sebagai Obat Herbal 

Tanaman kumis kucing sudah populer di dunia pengobatan sejak dahulu kala. Dari seluruh tanaman, daun dan bunga kumis kucing yang banyak digunakan sebagai obat herbal. Berikut khasiat kumis kucing sebagai obat herbal yang harus Kamu ketahui. 

1. Obat Asam Urat 

Sudah bukan rahasia bila kumis kucing kerap dijadikan obat herbal asam urat. Kumis kucing mengandung senyawa yang mampu mengendalikan kerja enzim xantin oksidase. Sekedar info, enzim xantin oksidase merupakan enzim yang berperan dalam produksi asam urat. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dwieka Agustin Muflihat dari Fakultas MIPA IPB pada tahun 2008 menunjukkan kumis kucing mampu menghambat aktivitas enzim xantin oksidase lebih dari 50%. Hal inilah yang membuat kumis kucing bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. 

2. Obat Diabetes 

Kumis kucing yang dikombinasikan dengan daun sambiloto berkhasiat menurunkan kadar gula darah. Untuk membuat ramuan herbal ini cukup mudah, Kamu siapkan daun kumis kucing, dun sambiloto, brotowali, dan air. Kamu cuci dan rebus seluruh bahan tersebut sampai mendidih. Kamu bisa minum obat herbal tersebut dua kali sehari dengan takaran satu gelas. 

3. Obat Penurun Hipertensi

Kamu penderita tekanan darah tinggi alias hipertensi? Jangan buru-buru mengonsumsi obat dokter saat darah tinggi Kamu kumat. Kamu bisa mengonsumsi obat herbal kumis kucing untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kumis kucing mengandung flavonoid yang berfungsi menurunkan tekanan darah. Selain itu flavonoid juga mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh serta memperbaiki mood. 

4. Obat Kencing Batu

Kumis kucing memiliki sifat diuretik yang artinya peluruh kencing. Hal inilah yang membuat kumis kucing dipercaya bisa mengobati penyakit kencing batu. Membuat obat herbal kumis kucing untuk obat kencing batu cukup mudah. Kamu siapkan daun kumis kucing dan air. Kamu rebus daun kumis kucing kemudian minum tiga kali sehari.

5. Infeksi Kandung Kemih 

Untuk para penderita infeksi kandung kemih, kumis kucing bisa jadi solusi. Asal tahu saja, daun kumis kucing memiliki sifat diuretik yang artinya peluruh kencing. Daun kumis kucing muda memiliki sifat diuretik lebih kuat dibandingkan daun kumis kucing tua.  Meski memiliki banyak manfaat untuk pengobatan, konsumsi kumis kucing secara berlebihan berbahaya untuk kesehatan. Mengutip dari buku berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiatnya 2 menyebutkan konsumsi kumis kucing berlebihan berisiko mengalami kerusakan hati dan keracunan. 

Maka, Kamu sebaiknya mengonsumsi kumis kucing sewajarnya dan sesuai takaran yang disarankan.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumis Kucing yang Berkhasiat Atasi Asam Urat, Diabetes dan Hipertensi Menurut dr. Prapti Utami dan Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz."

Post a Comment