Masker Alami untuk Atasi Ketiak Hitam ala dr. Zaidul Akbar

Bagi sebagian orang, warna kulit ketiak hitam cukup menganggu. Alih-alih menggunakan obat kimia, Anda bisa mengatasi ketiak hitam dengan bahan-bahan alami berikut ini. 

Kulit ketiak semestinya memiliki warna senada dengan bagian kulit lainnya. Namun, beberapa kondisi dapat membuat warna kulit area lipatan tersebut lebih gelap ketimbang area sekitarnya. 

Ketiak hitam biasanya bukan masalah kesehatan yang perlu diwaspadai. Namun, kondisi tersebut terkadang membuat sebagian orang tidak percaya diri. Terutama saat Anda harus mengenakan pakaian tanpa lengan. 

Penyebab Ketiak Hitam 

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan ketiak menjadi hitam, di antaranya:

1. Iritasi kulit ketiak

Salah satu penyebab kulit ketiak hitam yang paling umum adalah sering menghilangkan bulu ketiak dengan cara mencukur atau mencabut bulu ketiak.

Hal tersebut dapat membuat kulit mudah teriritasi dan memicu produksi melanosit yang berlebihan. Melanosit merupakan sel penghasil pigmen atau warna alami kulit (melanin).

2. Infeksi bakteri

Kulit ketiak hitam bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium minutissimum. Bakteri ini biasanya tumbuh subur jika Anda banyak berkeringat, tinggal di lingkungan yang lembap, kurang menjaga kebersihan tubuh, atau menderita penyakit tertentu, sepereti diabetes dan obesitas.

3. Kehamilan

Sebagian ibu hamil dapat mengalami perubahan atau gangguan kulit, dan salah satunya adalah kulit ketiak hitam. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan yang merangsang peningkatan produksi melanin. Warna kulit yang menghitam biasanya akan memudar dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

4. Acanthosis nigricans

Kulit ketiak hitam juga bisa disebabkan oleh penyakit yang disebut acanthosis nigricans. Orang yang memiliki kondisi ini akan mengalami penebalan kulit dan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Munculnya pun tidak hanya di ketiak, tapi juga bisa di leher, wajah, tubuh, perut, lengan, dan sekitar pangkal paha.

Acanthosis nigricans ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Diabetes tipe 2.
  • Gangguan hormon, seperti pada penyakit penyakit tiroid, sindrom Cushing, atau sindrom ovarium polikistik (PCOS).
  • Efek samping obat-obatan yang dapat memengaruhi hormon, seperti pil KB dan kortikosteroid.

Jika kemunculannya semakin berat dalam waktu cepat, maka acanthosis nigricans  mungkin berkaitan dengan penyakit kanker, seperti kanker lambung dan kanker hati.

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam

Untuk kulit ketiak hitam yang disebabkan oleh penyakit acanthosis nigricans, penanganannya bisa dengan mengobati penyebab atau akar masalahnya, misalnya jika disebabkan oleh obesitas, maka pengobatannya adalah dengan menurunkan berat badan. Untuk ketiak hitam yang disebabkan oleh kelainan hormon, maka bisa digunakan obat-obatan untuk memperbaiki kadar hormon.

Di samping itu, tergantung pada diagnosisnya, dokter juga mungkin akan merekomendasikan penggunaan krim yang mengandung hidroquinon, tretinoin, kortikosteroid, azaleic acid, AHA, atau asam kojik untuk mengatasi ketiak hitam. Selain dengan obat, perawatan dengan terapi laser dan dermabrasi juga bisa menjadi pilihan.

dr. Zaidul Akbar
Ramuan Herbal / Alami

Selain itu, ada cara menghilangkan ketiak hitam yang bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti jeruk nipis atau jeruk lemon dan minyak zaitun atau madu sebagaimana yang telah dijelaskan oleh dr. Zaidul Akbar berikut ini :

  • Jeruk Nipis atau lemon dipotong ½;
  • Oleskan ke bagian ketiak;
  • Lalu tambahkan minyak zaitun atau madu; 
  • Tunggu beberapa saat, bilas bersih dengan air.

Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masker Alami untuk Atasi Ketiak Hitam ala dr. Zaidul Akbar"

Post a Comment