Atasi Campak dengan Ramuan Herbal ala dr. Zaidul Akbar

Campak adalah munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh akibat infeksi virus. Campak merupakan penyakit menular dan dapat menyebabkan komplikasi serius, terutama pada bayi dan anak-anak.

Campak disebabkan oleh virus, yang menular melalui percikan air liur yang dikeluarkan penderita saat batuk atau bersin. Penularan juga bisa terjadi bila seseorang menyentuh hidung atau mulut, setelah memegang benda yang terpercik air liur penderita.

Penyebab Campak

Campak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Gejalanya adalah munculnya ruam di seluruh tubuh dan sangat menular. Gejala campak pada umumnya baru akan muncul sekitar satu hingga dua minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh, .

Baca juga : Ramuan Herbal dr. Zaidul Akbar untuk Obati Psoriasis/Gatal/Alergi

Faktor Risiko Campak

Penularan campak umumnya terjadi melalui percikan cairan yang dikeluarkan oleh pengidap campak saat bersin dan batuk. Siapa pun yang menghirup percikan cairan tersebut maka akan tertular campak. Virus campak sendiri bisa bertahan selama beberapa jam dan bisa dengan mudah menempel pada benda-benda. Jika seseorang menyentuh benda yang terlanjur dihinggapi virus campak, maka besar kemungkinan dirinya akan tertular campak.

Umumnya, campak lebih sering menimpa anak-anak berusia di bawah lima tahun. Siapapun bisa terinfeksi virus campak, seseorang juga semakin rentan untuk terkena campak saat belum terkena campak atau belum mendapatkan vaksinasi campak.

Penyakit ini harus diwaspadai meskipun jumlah pengidap komplikasi campak tidak terlalu banyak. Komplikasi yang disebabkan campak umumnya adalah bronkitis, infeksi paru-paru (pneumonia), radang pada telinga, dan infeksi otak (ensefalitis). Berikut ini merupakan beberapa kalangan yang berisiko mengalami komplikasi, yaitu:

  • Bayi di bawah usia satu tahun;
  • Orang dengan penyakit kronis; dan
  • Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Bercak atau ruam berwarna merah-kecokelatan akan muncul di kulit setelah beberapa hari kemudian. Urutan kemunculan bercak ini dari belakang telinga, sekitar kepala, kemudian ke leher. Pada akhirnya, ruam akan menyebar ke seluruh tubuh.

Gejala Campak

Berikut ini merupakan gejala campak, yaitu:

  1. Mata merah dan sensitif terhadap cahaya;
  2. Menyerupai gejala pilek seperti batuk kering, hidung beringus, dan sakit tenggorokan;
  3. Lemas dan letih;
  4. Demam tinggi;
  5. Sakit dan nyeri;
  6. Tidak bersemangat dan kehilangan selera makan;
  7. Diare atau/dan muntah-muntah; dan
  8. Bercak kecil berwarna putih keabu-abuan di mulut dan tenggorokan.

Baca juga : Mau Kulit Glowing, Bebas Ketombe dan Bau Badan Hilang? Mandilah dengan Cuka Sari Apel Menurut dr. Pooja Chopra

Pengobatan Campak

  • Minum banyak air untuk mencegah dehidrasi;
  • Banyak istirahat dan hindari sinar matahari selama mata masih sensitif terhadap cahaya; dan
  • Minum obat penurun demam dan obat pereda sakit serta nyeri.

Ramuan Herbal untuk Atasi Campak

Campak juga dapat diatasi dengan cara membuat ramuan herbal/alami seperti yang telah dijelaskan oleh dr. Zaidul Akbar berikut ini :

dr. Zaidul Akbar

Bahan

  • Kayu secang beberapa lembar;
  • Sereh 1 batang;
  • Jahe sejempol.

Cara Membuat

  • Seduh semua bahan dengan air panas;
  • Setelah hangat kasih madu;
  • Minum saat masih hangat.

*Konsumsi 1-3 kali sehari

Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Atasi Campak dengan Ramuan Herbal ala dr. Zaidul Akbar"

Post a Comment