Resep Tradisional untuk Atasi Radang Amandel Menurut dr. Zaidul Akbar


Radang amandel pada umumnya dialami oleh anak-anak, dengan berupa dua kelenjar kecil yang terdapat di dalam tenggorokan. Fungsi utama organ tersebut sebagai pencegah infeksi, namun seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh pun semakin kuat.

Gejala

Umumnya gejala radang amandel pulih dalam jangka waktu 3-4 hari dengan meliputi gejala-gejala mual, batuk, timblunya sakit kepala, demam dan sakit tenggorokan. Gejala lain yang dialami oleh anak-anak biasanya berupa menolak untuk makan, mengeluarkan air liur terus-menerus dan merasa sakit saat menelan makanan.

Jika radang amandel diakibatkan oleh infeksi virus, biasanya gejalanya akan lebih ringan daripada yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri. Untuk membenarkan dugaan bahwa pengidap terkena radang amandel, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik seperti:

  1. Mendengarkan napas dengan bantuan stetoskop.
  2. Merasakan adanya pembengkakan kelenjar getah bening di leher.
  3. Pemeriksaan tenggorokan, hidung dan telinga.

Penyebab

Radang amandel sering kali disebabkan oleh virus, namun tak menutup kemungkinan bisa disebabkan oleh bakteri. Penularan bakteri atau virus pada penyakit mandel ini terjadi melalui kontak langsung. Misalnya saat kamu tanpa sengaja memegang permukaan yang telah terkontaminasi virus atau bakteri. Serta tanpa sengaja turut menghirup udara yang dikeluarkan oleh pengidap radang amandel.

Virus penyebab radang amandel diantaranya yaitu:

  • Rubeola, merupakan virus penyebab campak.
  • Adenovirus, merupakan virus penyebab diare.
  • Enterovirus, merupakan virus penyebab penyakit mulut, kaki dan tangan.
  • Influenza, merupakan virus penyebab flu.
  • Rhinovirus, merupakan virus penyebab pilek.

Pengobatan

Pada pengobatan radang amandel, tidak ada obat khusus untuk menanganinya. Namun, kamu bisa meredakan gejala radang amandel menggunakan obat pereda rasa sakit yang dijual bebas di apotek.

Dalam pengobatan radang amandel, kamu harus membaca petunjuk akan dosis dan cara penggunaan obat pada kemasannya. Kamu juga dapat bertanya langsung pada dokter ahli agar terhindar dari efek samping yang tak diinginkan, sehingga tak terjadi overdosis.

Ramuan untuk Amandel

Kita juga bisa membuat resep tradisional untuk mempercepat kesembuhan penyakit radang amandel menurut dr. Zaidul Akbar, yaitu sebagai berikut :

dr. Zaidul Akbar

Bahan :

  • 1 sdt bubuk kunyit;
  • Lada bubuk seujung sendok teh;
  • 1 buah jeruk nipis;
  • Madu secukupnya.

Cara :

  • Seduh semua bahan tersebut dengan air hangat ± 250-300 ml;
  • Minum selagi hangat.

*Konsumsi 1-2 kali sehari


Semoga bermanfaat


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Tradisional untuk Atasi Radang Amandel Menurut dr. Zaidul Akbar"

Post a Comment