Melangsingkan Tubuh dengan Teh Daun Jati Cina Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes


Setiap orang pasti ingin berat badannya ideal, baik pria ataupun wanita. Ada banyak cara menuju ke sana, salah satunya adalah konsumsi teh herbal laksatif untuk melangsingkan tubuh. Sebagai pelangsing, bagaimana efektivitas teh daun jati cina?

Manfaat teh daun jati Cina yang terbuat dari daun sannah, senna, atau, sena, semakin banyak dikenal di kalangan masyarakat secara luas, alasannya karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat teh daun jati Cina yang terkenal sebagai teh untuk menurunkan berat badan. 

Teh daun jati Cina atau daun senna mengandung senyawa pencahar yaitu glikosida antrakinon yang dapat melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit akibat kurang dalam mengonsumsi makanan  berserat. Teh daun jati Cina membantu mengeliminasi toksin dan sisa makanan di usus besar. Hal ini dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan menjaga metabolisme yang optimal, dan pada akhirnya dapat menurunkan berat badan.

Namun selain manfaat teh daun jati Cina yang bisa didapatkan, dalam mengonsumsi teh daun jati Cina perlu diperhatikan juga beberapa hal lainnya. Teh daun jati Cina tidak dianjurkan jika dikonsumsi oleh ibu hamil serta menyusui, atau wanita yang sedang menstruasi.
dr. Sara

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, menjelaskan bahwa teh daun jati cina sejauh ini termasuk obat terpercaya dan sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM). Tak masalah jika Kamu menggunakan teh daun jati cina sebagai bagian dari upaya melangsingkan badan. Namun, penggunaan jangka panjang tidak dianjurkan. 

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Teh Jati Cina
  1. Teh daun jati cina tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, serta wanita yang sedang menstruasi. Konsultasikan kepada dokter tentang risiko dan manfaatnya sebelum Kamu mengonsumsi teh jati cina.
  2. Hindari konsumsi teh jati cina selama lebih dari dua minggu. Konsultasikan dengan dokter bila sulit buang air besar.
  3. Jika Kamu menderita gangguan pencernaan, penyakit liver, dan penyakit jantung, konsultasikan lebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi teh jati cina.
  4. Segera hentikan atau kurangi konsumsi teh jati cina jika muncul gejala kram atau sakit perut.
  5. Hindari mengonsumsi teh jati cina bersamaan dengan obat lain, termasuk suplemen dan obat herbal lain, guna menghindari risiko interaksi obat.
  6. Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis setelah mengonsumsi teh jati cina, segera temui dokter.

Dosis dan Aturan Pakai Teh Jati Cina
  • Gunakan teh jati cina sesuai cara penyajian yang tertera di kemasan. Ambil 1 sendok teh daun jati cina dan masukkan ke dalam gelas. 
  • Seduh dengan air panas dan diamkan selama beberapa menit hingga berwarna kecokelatan. 
  • Gunakan penyaring untuk menyaring daun teh dan segera konsumsi airnya saat hangat. Teh jati cina dapat dikonsumsi dua kali sehari.

Tetap Harus Menerapkan Diet Sehat
Penurunan berat badan juga akan maksimal bila Kamu juga menerapkan diet dengan cara yang benar. Diet sehat seperti apa yang dimaksud?

Harus sarapan
Sarapan tidak boleh dilewatkan setiap harinya bila ingin menurunkan berat badan. Kamu dianjurkan untuk sarapan dalam kurun waktu 30-45 menit setelah bangun.

“Ini penting karena bangun tidur, tingkat metabolisme tubuh akan terus rendah sampai Kamu mengisinya dengan makanan,” kata dr. Sara.

Pilih menu sarapan yang mengandung nutrisi seimbang dan hindari makanan tinggi karbohidrat dan lemak seperti nasi putih, gorengan, dan hidangan manis (donat, cake, muffin, dan sebagainya). Jenis makanan tersebut akan membuat gula darah melonjak dan turun dengan cepat yang bisa bikin badan lemas, serta sulit dicerna usus.

Atur Pola Makan dengan Benar
Dokter Sara juga mengingatkan bahwa diet bukan berarti tidak makan sama sekali atau seminimal mungkin. Diet yang benar adalah dengan mengurangi porsi makan atau makan lebih sering dengan porsi lebih sedikit. Ia menyarankan Kamu untuk mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, atau buah kering untuk camilan sehari-hari selama diet.

“Tiga kali makan berat dan dua kali camilan itu sudah cukup porsinya untuk diet pemula. Makanan berat harus diperhatikan porsinya, jangan berlebihan. Asupan makanan juga harus dijaga agar tetap sehat dan gizinya seimbang,” kata dr. Sara lagi.

Rutin Olahraga
Satu lagi yang tak boleh dilewatkan dalam upaya penurunan berat badan adalah dengan olahraga secara rutin. Untuk mengikis lemak tubuh, jenis olahraga yang disarankan adalah latihan kardio seperti lari, aerobik, bersepeda, zumba, dan lainnya. Kombinasikan dengan latihan beban untuk hasil yang lebih memuaskan.

Cukupi Kebutuhan Cairan
Tak hanya menciptakan rasa kenyang, tetapi minum air putih juga bisa membantu memulihkan sistem metabolisme tubuh.

Usahakan untuk minum air putih 8-10 gelas setiap harinya, agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Kamu juga bisa mendapatkan cairan dari makanan seperti sup atau soto, atau buah-buahan yang kandungan airnya tinggi seperti semangka atau melon.

Teh daun jati cina memang banyak dimanfaatkan sebagai pelangsing, tetapi jangan dijadikan sebagai cara utama. Untuk keamanan dan hasil optimal, Kamu sangat dianjurkan untuk tetap menerapkan diet sehat. Untuk lebih amannya lagi, konsultasikan dengan ahli gizi sebelum mengonsumsi teh tersebut sekaligus merencanakan pola diet yang sesuai dengan kondisi tubuh.


Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Melangsingkan Tubuh dengan Teh Daun Jati Cina Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes"

Post a Comment