Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah Menurut dr. Andreas Wilson Setiawan

Indonesia sekarang telah resmi terpapar virus corona, hal itu diketahui setelah Presiden Jokowi resmi mengumumkan 2 (dua) warga Depok positif virus Corona dan saat ini sedang menjalani perawatan di RSPI Sulianto Saroso di Jakarta, senin (2/3/2020)

dr. Andreas

Hal ini pun berdampak pada ketersediaan barang-barang kebersihan pribadi seperti sabun pembersih tangan (hand sanitizer) yang sudah mulai langka karena telah diborong pembeli di beberapa lokasi khususnya di Jakarta dan sekitarnya. Jika daerah kamu termasuk terkena dampak langkanya hand sanitizer tersebut sehingga kamu kesulitan untuk mendapatkannya, maka kamu tidak perlu khawatir, menurut dr. Andreas Wilson Setiawan sekarang kamu bisa membuat hand sanitizer sendiri.

MENGAPA MEMBUAT HAND SANITIZER SENDIRI?
Sebenarnya produk-produk hand sanitizer yang dijual di pasaran mengandung berbagai bahan kimia tambahan yang sebenarnya tidak perlu. Bahan-bahan tersebut antara lain adalah agen antibakteri bernama triklosan dan triklokarban. Penelitian yang dirilis oleh FDA (badan pengawas obat dan makanan) di Amerika Serikat pada tahun 2013 membuktikan bahwa agen antibakteri tersebut ternyata tidak bisa mengincar kuman dan bakteri penyebab penyakit seperti flu dan batuk. 
Lebih jauh FDA melaporkan bahwa penggunaan produk antibakteri yang mengandung triklosan dan triklokarban tidak ampuh dalam membersihkan tangan dibandingkan dengan produk yang bersifat alami tanpa tambahan zat kimia tertentu. Triklosan justru akan membuat tubuh kamu lebih resisten terhadap antibiotik bakteri. Selain itu, kandungan triklosan ternyata berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi kamu dan keluarga

BAHAN

Alkohol Isopropil
Alkohol isopropil pada dasarnya adalah alkohol yang sering digunakan untuk membersihkan luka atau untuk kebutuhan medis di Rumah Sakit atau Klinik. Kelebihan alkohol isopropil adalah cairan tersebut dengan cepat membunuh semua jamur dan bakteria, termasuk microbakteria, dan membunuh sebagian besar virus termasuk HBV dan HCV. Alcohol isopropil ini bisa kamu dapatkan di apotek atau toko-toko online.

Gel Lidah Buaya (Aloe Vera)
Tanaman lidah buaya (aloe vera) mengandung senyawa  antibakteri, lignin dan saponin yang dapat meminimalisir dan membunuh bakteri serta kuman seperti Staphylococcus aureus dan Eschericia coli. Gel aloe vera juga telah terbukti dapat menyembuhkan infeksi kulit Phlebitis lebih cepat daripada  dengan memakai obat heparin sodium. Aloe vera juga mengandung zat Anthraquinon Glycoside (Aloin) dan antioksidan yang memiliki potensi dapat membunuh Microbacterium Tuberculosis (MTB) dan berfungsi sebagai hepatoprotektif.

Baca juga : Apakah Pengobatan Bekam itu Baik? Ini Penjelasan dr. Bambang Gunawan 

Minyak Atsiri (Minyak Essensial/Essential Oil)
Minyak atsiri atau juga dikenal dengan minyak essensial atau aromaterapi sudah banyak digunakan banyak orang sejak abad ke 20 dan beberapa tahun belakangan ini mengalami peningkatan. Dari sisi medis, minyak esensial ini juga memiliki banyak manfaat seperti antibakteri, antivirus, dan antijamur di tubuh seperti yang telah dijelaskan oleh dr. Eugenia Permatami H., Sp.A di acara peluncuran essential oil Mommy Time, di Massto Bistro, Rabu (18/12/2019). 

"Mereka akan langsung membunuh tepat di mitokondria yang merupakan sel inti dari bakteri, virus dan jamur." ujar dr. Tami (sapaan akrab beliau)

CARA MEMBUAT
Untuk membuat hand sanitizer kamu di rumah, siapkan bahan-bahan berikut ini :
  • 1 sdm alkohol isopropil
  • 3 sdm daging/gel lidah buaya
  • 6-8 tetes minyak atsiri

Campurkan dan aduk merata semua bahan yang sudah kamu siapkan ke dalam mangkuk kaca. HINDARI mangkuk atau wadah plastik saat mengaduk adonan hand sanitizer ini karena ada risiko minyak esensial murni yang belum benar-benar menyatu dalam adonan akan merusak plastik. Namun, jika sudah teraduk hingga merata, wadah plastik boleh kamu gunakan.


Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah Menurut dr. Andreas Wilson Setiawan"

Post a Comment