Ramuan Herbal Mengatasi Bau Badan dari dr. Zaidul Akbar

Dalam dunia medis, bau badan (BB) dikenal juga dengan istilah bromhidrosis atau juga bisa disebut bromidrosis, osmidrosis dan ozochrotia. Meski bau badan sering muncul saat tubuh mengeluarkan banyak keringat, tapi penyebab bau badan yang sesungguhnya adalah bakteri. Keringat manusia pada dasarnya tidak berbau. Bau badan muncul ketika bakteri yang ada di tubuh bertemu dengan keringat dan mengubah keringat menjadi asam.

PENYEBAB
Bau badan juga disebabkan oleh banyak aspek diantaranya :

1. Gangguan Metabolisme
Masalah bau badan yang kamu alami bisa juga disebabkan karena trimethylaminuria yakni gangguan metabolisme di mana tubuh kehilangan kemampuan untuk memecah hormon trimetilamina yang ditemukan dalam makanan tertentu. Hormon yang tidak terpecah ini kemudian akan dikeluarkan melalui keringat, urin, dan napas, sehingga pengidapnya akan memiliki bau amis yang kuat. 

2. Berat Badan Berlebih atau Obesitas
Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas biasanya cenderung memiliki bau badan. Hal ini disebabkan karena orang gemuk memiliki banyak pori-pori yang tersembunyi dalam lipatan tubuhnya. Area tersebut biasanya hangat, beruap, dan gelap, sehingga bakteri penyebab bau badan bisa berkembang dengan pesat di sana. Akibatnya, bau tidak sedap pun muncul.

3. Infeksi
Kulit yang terinfeksi juga bisa menyebabkan bau badan. Bakteri yang terdapat di kulit yang terinfeksi bisa menghasilkan keringat berurea. Keringat inilah yang akhirnya menyebabkan bau tidak sedap muncul. Jadi, bila ada bagian kulitmu yang mengalami infeksi sebaiknya segera diatasi agar bakteri mikroorganisme tidak semakin berkembang.

4. Makanan yang Dikonsumsi
Makanan dan minuman yang kamu konsumsi ternyata juga bisa memengaruhi aroma tubuhmu, lho. Nutrisi yang terkandung dalam makanan memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, beberapa makanan tertentu juga mengandung zat-zat yang bisa menyebabkan bau badan.

5. Penyakit
Terkadang, munculnya keringat berlebih juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit tertentu, salah satunya seperti diabetes. Pengidap diabetes tingkat tinggi biasanya sudah kesulitan mengontrol kadar gula dalam darah. Jadi untuk mengganti glukosa, tubuh memanfaatkan lemak sebagai bahan bakar pengganti. Nah, proses ini akan menghasilkan senyawa bersifat asam dalam jumlah yang cukup banyak. Selain diabetes, penyakit lainnya yang juga bisa menyebabkan BB, antara lain gagal ginjal, kadar gula darah rendah, liver, dan disfungsi metabolisme.

6. Konsumsi Obat-obatan Tertentu
Beberapa obat-obatan tertentu memiliki efek samping, yaitu membuat tubuh menghasilkan keringat berlebih bila dikonsumsi. Obat-obatan penyebab, bau badan antara lain obat antipsikotik dan antidepresan. Mengonsumsi aspirin dan acetaminophen dalam dosis berlebihan juga bisa mengakibatkan produksi keringat berlebih.



RAMUAN
dr. Zaidul Akbar
Berikut ini adalah ramuan dari dr. Zaidul Akbar untuk kamu yang memiliki masalah dengan bau badan

Bahan
  • 5 butir cengkeh
  • 1-2 sdm madu
  • air panas 200-250 ml

Cara Membuat
  • Seduh cengkeh dengan air panas
  • Tunggu sampai hangat lalu beri madu
  • Minum saat hangat

Deodorant
Untuk penggunaan deodoran bisa menggunakan jeruk nipis dengan cara memggosokkan jeruk nipis ke bagian ketiak kamu.

Catatan : Konsumsi rutin tiap pagi, selain konsumsi minuman ini, pola makan juga harus diperbaiki, perbanyak konsumsi sayur dan buah dan kurangi makanan asam (tepung, gula, nasi putih, minyak).

Berikut videonya :


Semoga Bermanfaat



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ramuan Herbal Mengatasi Bau Badan dari dr. Zaidul Akbar"

Post a Comment