Membuat Resep Sederhana untuk Atasi Flu ala dr. Zaidul Akbar

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita flu akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk. Banyak orang mengira flu sama dengan batuk pilek biasa (common cold). Walaupun gejalanya mirip, kedua kondisi ini disebabkan oleh jenis virus yang berbeda. Gejala flu lebih parah dan menyerang secara mendadak, sedangkan gejala batuk pilek biasa cenderung ringan dan muncul secara bertahap.

Flu merupakan penyakit yang mudah menular ke orang lain, terutama pada 3-4 hari pertama setelah penderita terinfeksi. Bahkan pada beberapa kasus, penderita flu dapat menularkan penyakitnya sebelum gejala muncul.

PENYEBAB FLU
Seseorang dapat tertular flu jika tidak sengaja menghirup percikan air liur di udara, yang dikeluarkan penderita ketika bersin atau batuk. Selain itu, menyentuh mulut atau hidung setelah memegang benda yang terkena percikan air liur penderita, juga bisa menjadi sarana penularan virus flu.

GEJALA FLU
Gejala flu antara lain demam, pilek, hidung tersumbat, dan sakit kepala. Meskipun sama dengan gejala batuk pilek biasa, gejala flu terasa lebih parah dan sering kali menyerang tiba-tiba apalagi di musim hujan seperti sekarang ini yang sering dikaitkan dengan maraknya penyakit flu. Hal ini disebabkan virus flu menyebar dengan efisien ketika suhu dan kelembapan udara sedang rendah. Penyebaran flu saat musim hujan menjadi lebih masif karena sirkulasi udara yang kurang baik. 

Saat musim hujan, sirkulasi udara lebih sering tertutup karena biasanya jendela dan pintu ditutup untuk menghindari angin dan hujan yang masuk ke dalam ruangan. Ketika daya tahan tubuh sedang tidak baik, virus flu pun akan cepat menyerang. Dan saat musim hujan, udara juga menjadi lebih dingin dari biasanya yang menyebabkan virus flu bisa membentuk lapisan lebih kuat dan mudah tersebar. Ketika sudah terbawa ke dalam tubuh manusia, virus tersebut mudah mencair dan menginfeksi saluran pernapasan.

RESEP FLU
dr. Zaidul Akbar
Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan resep/ramuan yang sangat sederhana dari dr. Zaidul Akbar untuk penyakit flu ini. Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya :

BAHAN

Sediakan kunyit
Kunyit merupakan salah satu rempah yang siapapun pasti mengenalnya. Kunyit juga merupakan salah satu rempah yang bisa didapatkan dengan mudah baik di pasar tradisional atau supermarket dan minimarket. Biasanya, kunyit digunakan untuk bumbu masak, untuk masker atau sebagai jamu (minuman kesehatan). Para ahli mengungkapkan bahwa kunyit mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik dan mengagumkan buat kesehatan tubuh.

Mellisa Kanchanapoomi Levin, MD, seorang dermatolog asal New York bahkan mengungkapkan bahwa nutrisi pada kunyit juga bisa menyembuhkan beberapa macam penyakit dalam tubuh. Sementara itu, Susan Tucker yakni pendiri Green Beat Life sekaligus ahli kesehatan kulit mengungkapkan bahwa nutrisi pada kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yakni sebagai anti-inflamasi yang baik untuk mengobati osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Kurkurin pada warna kunyit memiliki nutrisi yang bisa melawan virus flu dan rasa dingin pada tubuh.

Sediakan Jeruk Nipis
Rasa jeruk nipis memang asam, lebih kecut dari jeruk peras, namun khasiatnya sangat banyak terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Menurut para ahli, khasiat buah jeruk nipis ini mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, minyak limonene, naringin, zat besi, dan senyawa flavonoid yang sifat antioksidannya sangat kuat, sehingga virus selesma (dengan gejala bersin-bersin, hidung tersumbat, batuk, atau kurang enak badan) bisa diatasi

Sediakan Madu
Khasiat yang dimiliki madu untuk kesehatan tentu sudah tak perlu diragukan lagi. Madu diketahui bisa memberikan banyak manfaat kesehatan seperti membantu menurunkan berat badan, merawat kecantikan dan kesehatan kulit, menyembuhkan morning sick, meningkatkan kolesterol baik, dan bahkan mencegah masuknya bakteri pada luka yang terbuka. Selain itu, madu juga bisa membantu meredakan flu karena madu memiliki khasiat antiperadangan, antioksidan, antivirus, dan antijamur yang efektif mengatasi flu


CARA MEMBUAT
  1. Ambil 1 ruas kunyit lalu digeprek;
  2. ½ jeruk nipis lalu diperas;
  3. Seduh kunyit yang telah digeprek tadi dengan 250-300ml air panas;
  4. Diamkan sampai hangat lalu tambahkan perasan air jeruk nipis dan madu secukupnya;
  5. Minum 2-3 jam sekali.


Semoga bermanfaat




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Resep Sederhana untuk Atasi Flu ala dr. Zaidul Akbar"

Post a Comment