Resep untuk Penyakit Sinusitis ala dr. Zaidul Akbar

Sinusitis adalah peradangan pada dinding sinus yang merupakan rongga kecil berisi udara dan terletak pada struktur tulang wajah. Saat terinfeksi, rongga ini terisi lendir dan terjadi pembengkakan selaput lendir, sehingga membuat sumbatan. Ada dua jenis sinusitis, yaitu akut dan kronis (lebih dari 12 minggu).


Pengelompokan sinusitis sendiri berdasarkan durasi gejala. Selain itu, sinusitis yang berdasarkan penyebabnya yang tersering dan paling umum, yaitu akibat bakteri dan virus. Jika sinusitis disebabkan oleh virus, sinusitis akan menjadi penyakit yang menular.

dr. Zaidul Akbar
Kondisi yang dapat menyebabkan sinusitis meliputi:
  • Flu (common cold).
  • Rhinitis alergi.
  • Polip hidung.
  • Septum deviasi (bengkoknya tulang hidung).
  • Gejala yang disebabkan oleh alergi bagi sebagian orang.

Pengobatan Medis

Pengobatan meliputi semprotan salin ke rongga hidung untuk membersihkan ruang hidung, kortikosteroid nasal untuk meredakan peradangan, dekongestan untuk meringankan hidung mampet, dan antinyeri untuk meringankan rasa sakit pada wajah atau kepala. Jika sinusitis bersifat berat, persisten, dan juga progresif, diperlukan antibiotik sebagai tindak pengobatan yang harus dilakukan. Sinusitis bakterial yang ringan dapat sembuh tanpa antibiotik.

Tatalaksana non-medikamentosa meliputi istirahat, konsumsi cairan yang banyak, melembapkan rongga hidung dengan cara menaruh handuk hangat ke wajah atau menghirup uap panas, dan tidur dengan beberapa bantal, sehingga kepala lebih tinggi dari tubuh dengan tujuan mempermudah pengosongan sinus.

Pengobatan Herbal

Selain menggunakan metode medis sebagaimana yang telah dijelaskan diatas, kita juga bisa membuat ramuan obat alami (herbal) untuk mengatasi sinusitis seperti yang telah diterangkan oleh dr. Zaidul Akbar. Apa saja bahannya? Dan bagaimana cara membuatnya? Simak dibawah ini :

Nanas
Salah satu makanan terbaik untuk mengobati infeksi sinus adalah nanas. Buah ini mengandung enzim yang dapat mencerna protein, yaitu bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi. Bromelain dapat membantu mengurangi lendir dan peradangan pada sinus. Menurut University of Maryland Medical Center, bromelain dapat membantu mengurangi batuk dan lendir hidung yang berhubungan dengan sinusitis, dan meringankan pembengkakan dan peradangan yang disebabkan oleh demam.  Menurut dr. Zaidul Akbar, bagian yang paling baik dari nanas untuk mengobati sinusitis adalah bagian bonggolnya.

Habbatussauda
Salah satu efek habbatussauda yang diyakini baik untuk kesehatan adalah kemampuannya dalam mengurangi peradangan. Penelitian klinis skala kecil selama 3 bulan pada penderita asma menunjukkan bahwa habbatussauda dapat mengurangi keparahan dan frekuensi serangan asma. Studi lain juga menunjukkan bahwa obat herba ini mampu membantu mengatasi penyakit lain akibat peradangan, seperti sinusitis, alergi, dan radang sendi.



Cara Membuat
  • Blender bonggol nanas dengan 1 gelas air ditambah 1 kapsul habbatussauda;
  • Setelah itu masukkan ke dalam gelas dan biarkan hingga mengendap;
  • Minum air yang telah terpisah dari endapan nanas dan habbatussauda itu.

Berikut videonya :


Semoga bermanfaat



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep untuk Penyakit Sinusitis ala dr. Zaidul Akbar"

Post a Comment