Makanan Super untuk Mengobati Penyakit Maag ala dr. Zaidul Akbar


Saat ini banyak pengobatan yang menggunakan pendekatan berbasis obat kimia. Tapi tidak dengan dr. Zaidul Akbar. Pria asal Jambi ini menggunakan pendekatan berbasis agama pada pasiennya. Ketika sakit pasien pun tidak diberi obat kimia, dr. Zaidul lebih menganjurkan untuk berbekam sebagai salah satu praktik thibun nabawi (tindakan dan perkataan Nabi Islam Muhammad tentang penyakit, pengobatan, dan kebersihan). Setelah itu, kalau dimungkinkan diberi juga herbal.
dr,. Zaidul Akbar

Mensyiarkan praktik sehat ala thibun nabawi, itulah yang dilakukan dr. Zaidul Akbar selama beberapa tahun ini. Menerapkan pola hidup sehat yang juga berarti meminimalisir sakit di masa depan. Sakit yang juga berarti membutuhkan biaya besar untuk pengobatan. Namun, hal itu bisa diatasi dengan menerapkan sehat ala thibun nabawi.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips bagaimana cara membuat ramuan makanan super untuk mengobati penyakit maag ala dr. Zaidul Akbar.

Sediakan Tempe

Tempe sudah lama diakui sebagai makanan dengan nilai kandungan gizi yang tinggi. Secara ilmiah, tempe sendiri memiliki kandungan protein yang tinggi, rendah lemak jenuh dan kolestrol, rendah gula alami, mengandung kalsium, zat besi, seng, vitamin B12, dan senyawa antikanker isoflavon. Dengan kandungan serupa itu, tempe sungguh bisa dijadikan sebagai makanan pengganti daging bagi para vegetarian. Dilihat dari proses produksinya, tempe pun dinilai ldebih ramah lingkungan ketimbang daging.

Bicara tentang sumber probiotik dalam tempe, bisa dikatakan tempe mengungguli susu. Hal ini karena tempe dapat dikonsumsi siapa saja, termasuk balita dan anak-anak yang karena alasan kesehatan tidak boleh meminum susu. Probiotik adalah mikroorganisme hidup berupa bakteri atau jamur yang berada di sistem pencernaan manusia. Probiotik membantu dalam melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus, hal ini tentunya sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit maag. Harga tempe yang relatif murah dibanding susu juga membuat makanan tersebut lebih bisa dijangkau oleh masyarakat di kelas ekonomi yang lebih luas. 

Baca juga : Anak PENAKUT, Salah Siapa? Menurut Psikolog Ristriari, M.Psi

Hal ini juga diakui oleh dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK(K) seorang Dokter Spesialis Gizi Klinik yang berpraktek di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta Selatan. 

"Tempe bisa mengatasi penyakit maag, benar itu," ujar dr. samuel

Dr. Samuel menuturkan hal ini karena tempe mengandung protein yang bagus dan senyawa anti inflamasi (anti peradangan). Protein yang terkandung di dalam tempe sudah siap untuk diserap tubuh karena ia sudah terlebih dahulu dicerna oleh kapang (jamur) yang ada di tempe. Salah satu penyebab sakit maag adalah akibat pola hidup yang tidak sehat seperti meninggalkan sarapan, pola makan yang tidak teratur atau sering telat serta faktor stres akibat pekerjaan dan jalanan yang macet. Faktor lainnya yang bisa menyebabkan penyakit maag adalah adanya bakteri Helicobacter pylori yang dalam jangka waktu panjang bisa merusak sel-sel di dalam jaringan mukus lambung.

Sediakan Kurma

Buah kurma, buah yang sangat identik dan selalu ada di Hari Raya Idul Fitri ini tentu saja merupakan buah yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Buah manis yang biasa dikonsumsi saat berbuka puasa ini walaupun memiliki ukuran yang terbilang mungil namun memiliki berbagai manfaat diantaranya adalah meredakan penyakit maag. Kandungan zat nikotin yang ada dalam buah kurma ini dikenal mampu membersihkan usus dan mengatasi berbagai macam gangguan yang terjadi pada usus. Selain itu, serat yang ada pada buah yang belum masak juga berperan sebagai prebiotik yang mensupport perkembangan bakteri baik yang begitu diperlukan oleh sistem pencernaan.  Prebiotik adalah makanan (biasanya makanan tinggi serat) yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap terjaga.

Baca juga : Benarkah Kecap dan Jeruk Nipis Dapat Meredakan Batuk? Menurut Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, M.Si, Apt

Perpaduan Probiotik Tempe dan Prebiotik Kurma

Probiotik pada tempe adalah bakteri yang baik sedangkan prebiotik adalah asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik tersebut. Bisa dibayangkan perpaduan keduanya jika dikonsumsi untuk penderita maag bukan? Selain untuk menyembuhkan penyakit maag, manfaat Probiotik dan Prebiotik Bagi Tubuh itu sendiri sangat banyak diantaranya :
  • Membantu mengatasi gangguan pencernaan, sepert diare dan sembelit.
  • Mengurangi gejala radang usus.
  • Mencegah diare terkait pemakaian antibiotik.
  • Menjaga kesehatan saluran cerna.
  • Membantu mengatasi penyakit kulit, seperti eksim.
  • Menjaga kesehatan saluran kemih dan area kewanitaan.
  • Mencegah alergi, pilek, dan infeksi saluran napas atas.
  • Menjaga kesehatan mulut.

Cara Mengonsumsi

Menurut dr. Zaidul Akbar, konsumsilah tempe secara mentah (pastinya juga harus higienis) lalu gabung dengan kurma. Bisa dengan cara dibuat "sandwich" (memotong tempe menjadi 2 irisan dengan isian kurma) atau bisa juga dengan cara di jus.

Berikut videonya :


Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Super untuk Mengobati Penyakit Maag ala dr. Zaidul Akbar"

Post a Comment