3 Bahan Alami ini Bisa Mengurangi Uban Menurut dr. Reisa Broto Asmoro, Penasaran?


Rambut putih atau uban biasanya baru mulai muncul ketika seseorang berusia 30 ke atas. Tapi ada juga sebagian orang yang sudah memiliki banyak uban di kepalanya sejak usia 20an. Buat kamu yang masih muda tentunya malu jika memiliki banyak uban di kepala, karena selain identik dengan tanda penuaan, uban juga bisa mengurangi penampilan. Jadi, sebenarnya apa sih yang membuat uban dapat muncul di usia muda?

Warna rambut seseorang merupakan hasil pewarnaan pada folikel rambut dari zat warna yang disebut melanin. Ada dua jenis zat warna, yaitu eumelanin dan pheomelanin. Warna rambut akan semakin gelap jika kadar eumelanin lebih dominan. Biasanya seiring bertambahnya usia, produksi melanin dalam tubuh akan berkurang sehingga menyebabkan munculnya uban. Beberapa faktor seperti Ras & Faktor Genetik, stres, gaya hidup, gangguan kesehatan seperti autoimun dan sering bleaching pun sebenarnya juga ikut andil menyebabkan tumbuhnya uban. 

Namun menurut dr. Reisa Broto Asmoro dalam acara TV Dr. OZ Indonesia, ada cara untuk mengurangi pertumbuhan uban, yaitu salah satunya dengan cara menggunakan 3 bahan alami yaitu Biji Pepaya, Lidah Buaya dan kopi. Apa kandungan nutrisi dari 3 bahan alami tersebut? Dan bagaimana cara mengolahnya? Mari kita simak..

1. Biji Pepaya
Manfaat buah pepaya tidak didapat dari daging buahnya saja. Biji di buah pepaya tak kalah besar manfaatnya bagi kita. Terlebih bagi siapa saja yang ingin memiliki rambut hitam memesona. Terdapat sangat banyak vitamin dan nutrisi yang terdapat didalam biji buah pepaya salah satu kandungannya adalah Glucoside Cacirindan Karpain. Zat yang bernama Glucoside Cacirindan Karpain mempunyai fungsi atau manfaat untuk membuat warna rambut anda menjadi lebih hitam dengan cara alami tanpa menggunakan atau memakai suatu bahan kimia. 

2. Lidah Buaya
Lidah buaya dapat dikatakan sebagai tanaman yang kaya akan nutrisi. Lidah buaya banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium, magnesium, zinc, hingga besi. Lidah buaya juga dipercaya kaya akan zat antioksidan seperti fenol, flavonoid, dan saponin.

Kandungan lidah buaya lain yang juga memiliki manfaat untuk rambut adalah asam amino. Selain itu, kadar air yang tinggi dalam lidah buaya juga merupakan salah sau alasan lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan juga kecantikan.

3. Kopi
Kita mungkin sudah sering mendengar pernyataan bahwa kandungan kafein dalam kopi baik untuk kesehatan tubuh dan mampu memerangi beberapa penyakit jahat. Ternyata selain kedua manfaat tersebut, kandungan kafein yang terdapat pada kopi juga baik bagi kesehatan rambut. Jika kamu memiliki permasalahan rambut tipis dan tidak bervolume, kamu bisa menjadikan ampas kopi sebagai cara ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut. Karena pengaplikasian ampas kopi pada kulit kepala mampu merangsang pertumbuhan akar rambut menjadi lebih cepat.

Cara Pertama :
  • Ambil biji pepaya  lalu keringkan dibawah sinar matahari, setelah kering kemudian ditumbuk halus;
  • Bahan kedua yaitu lidah buaya juga diambil dagingnya kemudian dihancurkan sampai halus hingga menjadi gel; 
  • Biji pepaya yang telah ditumbuk halus tersebut kemudian dicampur dengan gel lidah buaya 
  • Aduk sampai tercampur merata kemudian oleskan pada rambut
  • Diamkan sampai 30 menit kemudian bilas atau keramas sampai bersih

Cara Kedua :
  • Hampir sama dengan cara yang pertama, 1-3 sdm kopi (tergantung panjang tidaknya rambut) dicampur dengan gel lidah buaya 
  • Aduk sampai tercampur merata kemudian oleskan pada rambut
  • Diamkan sampai 1 jam dengan dibantu pijat-pijat ringan kemudian bilas atau keramas sampai bersih
Selain mengaplikasikan bahan-bahan tersebut, hindarkanlah stres, merokok dan makan makanan sehat seperti perbanyak mengonsumsi buah dan sayur.


Berikut videonya :


Semoga Bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Bahan Alami ini Bisa Mengurangi Uban Menurut dr. Reisa Broto Asmoro, Penasaran?"

Post a Comment