Benarkah Kecap dan Jeruk Nipis Meredakan Batuk? Menurut Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, M.Si, Apt

Batuk adalah refleks natural dari sistem perlindungan tubuh yang timbul apabila saluran udara di belakang kerongkongan teriritasi. Iritasi ini memicu paru-paru untuk mengeluarkan udara dengan tekanan yang tinggi. Batuk membantu membersihkan paru-paru dan saluran udara dari zat asing, seperti asap dan lendir. Selain itu, batuk umumnya menjadi gejala dari infeksi virus atau bakteri, serta reaksi alergi. Dengan batuk, artinya tubuh bekerja untuk mengeluarkan virus dan alergi dari paru-paru.

Ramuan Jeruk Nipis-Kecap Mampu Mengobati Batuk?

Ramuan air perasan jeruk nipis yang dicampur kecap manis sebenarnya telah menjadi resep warisan turun temurun untuk mengatasi batuk membandel. Benarkah demikian? Lalu apakah apa yang terkandung dalam larutan ini sehingga begitu dipercaya ampuh menyembuhkan tenggorokan gatal?

Jeruk nipis banyak dipakai orang sebagai salah satu bahan obat herbal karena buah yang punya nama latin Citrus aurantifolia ini mengandung minyak atsiri dan berbagai zat yang bisa melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan. Jeruk nipis juga berkhasiat sebagai obat penurun panas dan mengatasi suara serak akibat tenggorokan gatal, yang mungkin menjadi gejala lain yang mengikuti batuk.


Baca juga : Rambutan Ternyata Memiliki 15 Manfaat Super, Apa Saja? Menurut Prof. Dr. Made Astawan MS

Namun, menurut  pakar farmasi Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, M.Si, Apt. menyatakan bahwa ramuan jeruk nipis dan kecap sebenarnya tidak menyembuhkan batuk itu sendiri, entah itu akibat virus atau bakteri. Ramuan ini hanyalah bermanfaat untuk meredakan gejala penyertanya, yang salah satunya adalah menekan radikal bebas dan melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan.

Prof. Sumali melanjutkan, penambahan kecap pada air jeruk sebenarnya hanya berguna untuk mengurangi keasaman dari air jeruk nipis. Kecap pada dasarnya tidak memiliki manfaat tertentu untuk batuk dan gangguan pernapasan lainnya.

Jawab :

MITOS


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Kecap dan Jeruk Nipis Meredakan Batuk? Menurut Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, M.Si, Apt"

Post a Comment