Mau Cepat Langsing? Makanlah Pakai Sumpit Mulai Sekarang Menurut dr. David Haslam

Jika mendengar alat sumpit, maka yang terlintas di benak kita adalah alat yang digunakan untuk mengkonsumsi mie atau beberapa jenis makanan oriental lainnya. Bagi beberapa orang, menggunakan sumpit sangat sulit dilakukan karena membutuhkan koordinasi jari-jari tangan dan konsentrasi tinggi. Namun, dibalik tingkat kesulitan yang tinggi dalam mengkonsumsi makanan dengan sumpit, ternyata cara ini dianggap efektif untuk menurunkan berat badan. Kok Bisa?


 
Menurut dr. David Haslam dari National Obesity Forum, masalah obesitas menjadi masalah yang semakin menjamur di Amerika sekarang ini. Ada sekitar 10 juta orang yang didiagnosis obesitas atau sekitar 24 persen dari populasi penduduk.  Tidak heran, kunjungan rumah sakit karena penyakit kanker dan jantung begitu tinggi. Dan saat ini pemerintah setempat mencoba berkiblat ke Timur untuk mencoba menggunakan alat makan sumpit agar orang lebih ramping.

Dr. Haslam juga mengatakan kalau makan dengan sumpit akan membuat Anda makan dengan perlahan sehingga Anda bisa cepat kenyang dengan makan sedikit. Hal ini disebabkan karena otak butuh waktu kira-kira 20 menit untuk mendaftar makanan apa saja yang masuk ke perut. Jadi ketika Anda menggunakan sumpit, Anda akan mengambil suap lebih sedikit, kemudian mengunyahnya dengan baik, memperlambat proses makan dan tidak mengambil terlalu banyak makanan.

Alhasil kita akan cenderung lebih mudah merasa kenyang meskipun porsi makanan yang kita konsumsi tidak terlalu besar. Otak pun akan segera mengirimkan sinyal kenyang dan kita pun tidak akan mengkonsumsi makanan secara berlebihan sehingga kita pun akan lebih baik dalam menjaga bentuk tubuh tetap ideal atau menurunkan berat badan.

Kimiko Barbar dalam bukunya The Chopstick Diet memperhatikan cara makan orang Jepang yang menggunakan sumpit namun kebanyakan dari mereka memiliki bentuk badan yang ideal. Setelah melakukan penelitian, Barbar menyimpulkan bahwa cara makan seperti ini dapat mempengaruhi berat badan orang Jepang yang cenderung langsing. Menurut dia, menggunakan sumpit akan membutuhkan konsentrasi yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan memakai peralatan lain, khususnya sendok. Mengambil makanan dan memasukkannya ke dalam mulut dengan sumpit memiliki kesulitan tersendiri sehingga pada akhirnya kita mengkonsumsi makanan dalam waktu yang lebih lama.

Semoga bermanfaat



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Cepat Langsing? Makanlah Pakai Sumpit Mulai Sekarang Menurut dr. David Haslam"

Post a Comment