Apakah Mandi Malam Berbahaya? Menurut Prof. Dr. dr. Aru W. Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP dan dr. Midi Hariyani, SpKK


Bagi sebagian orang, mandi pada malam hari atau mandi saat menjelang fajar adalah aktifitas rutin, karena tuntutan pekerjaan dan profesi, mereka terpaksa harus pulang kerja malam hari, atau ada yang harus mandi menjelang fajar karena hendak berangkat ke suatu tempat yang letaknya jauh.

Namun ada anggapan yang mengatakan bahwa mandi malam hari atau menjelang fajar justru bisa berbahaya bagi kesehatan, seperti anggapan menyebabkan reumatik, paru-paru basah atau penyakit lainnya, namun benarkah demikian? Ada baiknya kita ikuti penjelasan dari Prof. Dr. dr. Aru W. Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP  dan dr. Midi Hariyani, SpKK.
 
Menurut mereka, mandi malam secara medis akan merangsang sistem peredaran darah dan sistem syaraf menjadi lebih aktif. Hal ini timbul sebagai reaksi terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat. Dengan mandi malam atau di saat menjelang fajar, maka hal itu dapat menaikkan suhu tubuh mencapai kestabilan dan organ jantung menjadi terpacu. Selain itu adrenalin juga akan meningkat dan pembuluh darah menjadi lebih lancar sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi sangat baik termasuk aliran darah ke jaringan kulit oleh karena kulit akan tampak lebih segar. Jadi, sepanjang seseorang tidak sakit, maka mandi malam dapat memberikan efek positif. Dr. Aru dan dr. Midi juga menjelaskan manfaat seseorang mandi malam diantaranya :


Manfaat Mandi Malam

1. Menyegarkan dan Membersihkan Tubuh
Setelah seharian menjalani aktifitas pekerjaan yang melelahkan, mandi malam saat pulang kantor akan membuat kamu lebih santai dan segar dan tentunya akan membuat tidur kamu lebih nyenyak. Selain itu, seperti hal nya mandi di waktu yang lainnya, mandi malam juga bermanfaat membersihkan kulit, menghilangkan kotoran dan racun di sudut-sudut kulit.

2. Menenangkan Pikiran
Selain memberi manfaat secara fisik dan mental, mandi juga bermanfaat bagi psikologis yang membuat seseorang terbebas dari rasa cemas dan kekhawatiran.
3. Memulihkan Otot
Setelah seharian melewati aktifitas yang ketat, atau setelah kamu berolahraga, otot tubuh bisa tegang dan kaku. Mandi memiliki efek akan mengendurkan otot-otot tersebut, dan menenangkan rasa sakit pada tubuh.
 
4. Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat mandi malam dengan air dingin yang belum banyak diketahui orang adalah mampu membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres. Hal ini akan membuat tubuh menjadi rileks dan mengembalikan kebugaran.

5. Mengobati Insomnia
Jika kamu kesulitan untuk tidur, maka cobalah mandi dengan air hangat di malam hari dan setelah itu pergilah tidur, maka kamu akan lebih mudah memulai tidur dan bangun dalam kondisi yang segar. 
 

6. Meningkatkan kesuburan
Mandi dengan air dingin memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita, yang berpengaruh pada meningkatnya kesuburan dan gairah seksual.


Tips Mandi Malam

Sekali lagi, bahaya mandi malam bisa dikatakan tidak ada, malah akan memberikan manfaat rileksasi baik fisik maupun mental. Namun, agar manfaat seperti di atas bisa kita dapatkan, maka ikuti tips berikut ini.

  • Perhatikan Suhu Air, pilihlah air hangat atau air dengan suhu ruangan, tidak terlalu panas atau terlalu dingin;
  • Jika tujuan kamu ingin tidur yang nyenyak, maka mandilah satu jam sebelum tidur;
  • Hindari langsung mandi setelah berolahraga karena pori-pori di kulit saat itu terbuka untuk mengeluarkan keringat. Oleh karena itu beristirahatlah terlebih dahulu setidaknya selama setengah jam, sehingga pori-pori menutup.
Mandi adalah cara alami untuk merevitalisasi tubuh dan pikiran. Jadi jangan takut terhadap efek buruk mandi malam bagi kesehatan, karena memang tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Mandi Malam Berbahaya? Menurut Prof. Dr. dr. Aru W. Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP dan dr. Midi Hariyani, SpKK"

Post a Comment