Makan SAYURAN : Boleh dan Tidak Boleh (2). Menurut Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan

Melanjutkan artikel sebelumnya (Makan Sayuran : Boleh dan Tidak Boleh (1)), kali ini kita akan lanjutkan nih sob tentang aturan makan sayuran, semoga bermanfaat :


5. Bawang Putih

Bawang putih dikatakan Prof. Ali, mengandung senyawa yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit degeneratif, seperti jantung dan kanker. Tidak ada perbedaan khasiat antara mengkonsumsi bawang putih matang atau mentah.
Kontraindikasi
Bawang putih ditegaskan Prof. Ali tidak menimbulkan kontraindikasi apapun bagi kesehatan dan orang tertentu. Hanya saja, bawang putih dalam bentuk mentah jika dikonsumsi akan menimbulkan bau tidak sedap pada mulut dan keringat.


6. Mentimun

80-90% mentimun mengandung air, sehingga kandungan gizinya rendah. Namun, mentimun memiliki kebaikan yaitu mengandung kalium yang tinggi. Dijelaskan Prof. Ali, kalium bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Kalium mampu menetralisir kelebihan natrium yang terdapat pada penderita hipertensi. Oleh sebab itu, disarankan bagi penderita hipertensi untuk mengkonsumsi timun.
Kontraindikasi
Karena kandungan kaliumnya mampu menetralisir natrium pada tubuh, sebaiknya bagi penderita anemia/ darah rendah tidak banyak mengkonsumsinya. Namun, ditegaskan Prof. Ali, sebenarnya anemia bisa dihindari  sejauh penderitanya memiliki pola makan baik dan menghindari kelelahan.

7. Wortel

Wortel sejak dulu dikenal sebagai sumber betakarotin yang di dalam tubuh akan dirubah menjadi vitamin A. Bukan rahasia lagi, jika vitamin A betakarotin dalam wortel dipercaya memberikan manfaat positif bagi kesehatan mata. Betakarotin dalam wortel selain mampu menjaga kesehatan mata juga mampu mencegah terjadinya kanker.
Kontraindikasi
Kelebihan vitamin A mengakibatkan hipervitaminasis atau keracunan vitamin A yang bermanifestasi pada kerusakan hati dan warna kuning pada kulit dan mata. Tapi itu jarang terjadi, kalaupun ada itu diakibatkan pengaruh suplemen. Vitamin A alami tidak pernah menimbulkan keracunan, karena lambung memiliki ukuran terbatas. Tubuh akan bereaksi langsung terhadap kelebihan tersebut, misalkan dengan sakit perut, muntah dan lain sebagainya.


8. Tomat

Tomat merupakan sayuran buah yang sangat baik dari aspek gizi. Tomat banyak mengandung vitamin C, betakarotin dan senyawa likopen. Likopen dikatakan Prof. Ali merupakan senyawa yang mampu mencegah terjadinya kanker.
Kontraindikasi
Tomat mengandung vitamin C yang tinggi sehingga sangat mudah memicu naiknya asam lambung. Bagi penderita maag, tomat sebaiknya tidak dikonsumsi langsung (jus atau mentah) melainkan direbus atau dimatangkan dulu sehingga mampu mengurangi rasa asamnya. Selain itu, bagi yang pernah terserang usus buntu, sebaiknya konsumsi tomat lebih diperhatikan ya sob, karena isi pada tomat beresiko memunculkan penyakit yang sama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makan SAYURAN : Boleh dan Tidak Boleh (2). Menurut Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan"

Post a Comment